LIFE IS SHORT

Yakobus 4:11-17


Perusahaan konsol game XBOX pernah membuat iklan singkat. Iklan itu mengenai seorang ibu yang sedang melahirkan anaknya. Karena dorongannya terlalu kuat ketika melahirkan, bayi tersebut terlempar dan terbang. Ketika terbang, bayi tersebut mengalami perubahan cepat dari anak-anak, remaja, pemuda dewasa, lansia dan kemudian masuk kubur. Iklan tersebut ditutup dengan tulisan life is short, play more. Hidup itu singkat! Seberapa singkat hidup itu?

Nas hari ini menggambarkan hidup itu seperti uap yang sebentar saja kelihatan lalu lenyap. Betapa singkatnya hidup itu. Bahkan ketika kita merencanakan sesuatu dalam hidup, sepertinya apa yang kita rencanakan itu belum tentu bisa terwujud. Kita tidak tahu apa yang terjadi dengan hari esok. Seakan-akan apa yang kita lakukan percuma dan sia-sia. Benarkah demikian? Tentu saja perencanaan itu perlu, tetapi yang sering dilupakan adalah melibatkan Tuhan dalam setiap rencana yang kita buat. Yakobus mengingatkan agar jemaat jangan bersikap sombong, memegahkan diri dan dengan congkak merencanakan segala sesuatunya tanpa melibatkan Tuhan di dalamnya. Hanya Tuhan yang tahu apa yang akan terjadi esok.

Hidup itu singkat! Namun, dalam perjalanan hidup yang singkat bersama Tuhan, kita akan memaknai perjalanan itu dengan rasa takjub, tergetar dan terpesona dengan cara Tuhan menolong kita. Pakailah hidup yang singkat ini untuk melayani-Nya. (Wasiat)


Doa
Di tengah hidup yang singkat kami mau memberikan yang terbaik untuk hormat dan kemuliaan bagi nama-Mu Tuhan, Amin.