ALLAH SUMBER TERANGKU

Mazmur 43


Satu hal penting sebelum melukis ialah mengidentifikasi asal sumber terang. Asal sumber terang ini bermanfaat untuk menentukan mana bagian yang terang dan mana bagian yang gelap dari sebuah objek. Sumber terang juga memengaruhi ke mana bayangan suatu objek akan jatuh. Persoalan akan muncul ketika melukis sebuah objek kita meninggalkannya sebelum lukisan itu selesai. Ketika kita kembali untuk melanjutkan lukisan tersebut maka sumber terang mungkin sudah berubah posisi sehingga objek lukisan itu menjadi tidak konsisten. Gambaran kehidupan kita juga

demikian. Lukisan kehidupan kita mengekspresikan dari mana sumber terang yang menuntun langkah kehidupan kita. Apabila sumber terang kita bertumpu pada kekuatan diri kita sendiri, kita akan rapuh, jatuh, dan sukar untuk bangkit kembali.

Pemazmur dalam Mazmur 43:3 menyatakan bahwa dalam pergumulan kehidupannya Tuhanlah yang menjadi sumber terang hidupnya. Pengenalan akan Tuhan sebagai sumber terang hidupnya inilah yang memampukannya untuk mengatasi gelap kehidupan yang tengah dihadapinya. Ia tidak goyah. Ia tidak putus asa. Ia tetap menjalani hidup dengan penuh rasa syukur kepada Tuhan serta mampu menatap masa depan yang penuh harapan bersama Tuhan.

Bagaimana dengan kita? Siapakah yang menjadi sumber terang kehidupan kita? Tuhan ataukah diri kita sendiri? (Wasiat)


Doa
Terimakasih ya Tuhan, karena kehadiran-Mu sebagai terang kehidupan memampukan kami berjalan dalam kegelapan dunia, Amin.