Untuk format audio klik di sini

 

Mengenali Pesan Dari Tuhan

2 Tawarikh 35:20-27

 

Yosia adalah salah satu raja Yehuda yang baik, raja yang raja yang takut akan Tuhan. Selain penemuan kembali kitab Taurat, Yosia juga melakukan banyak hal. Ia mengajak orang Israel berhenti menyembah berhala dengan menghancurkan tempat-tempat penyembahan berhala, serta mengadakan kembali perayaan Paskah yang tidak pernah lagi dirayakan pada masa itu. Selain itu Yosia juga memperbaiki rumah TUHAN. Namun ternyata dalam ketaatan dan kesetiaan Yosia kepada Tuhan, Yosia melakukan kesalahan yang fatal. Dia tidak mengindahkan pesan Tuhan (Ayat 22), meskipun Yosia sudah diingatkan dengan jelas oleh Nekho (ayat 20). Ya, Yosia tidak mengindahkan pesan Tuhan yang disampaikan oleh Nekho, orang yang dianggapnya musuh dan orang yang tidak mengenal Tuhan. Akibatnya fatal, Yosia mati dalam pertempuran melawan Nekho.

Benar, kita harus dekat dengan Tuhan. Tapi hati-hati, semakin kita merasa dekat dengan Tuhan, semakin dekat juga dosa mengandalkan diri sendiri. Karena terlalu percaya diri dengan keimanan kita dan merasa yakin bahwa Tuhan selalu di pihak kita, terkadang kita menjadi lupa diri dan mengabaikan peringatan Tuhan. Apalagi ketika yang menyampaikan teguran adalah orang yang kita anggap tidak beriman... Padahal Tuhan bisa jadi memakai orang-orang yang tidak beriman untuk menyampaikan maksud Tuhan kepada kita, seperti halnya Nekho menyampaikan pesan Tuhan kepada Yosia.

Memang sulit membedakan mana yang merupakan pesan dari Tuhan dan mana yang bukan dari Tuhan. Bagaimana kita tahu bahwa apa yang disampaikan orang tersebut memang benar-benar pesan Tuhan dan bukan sekedar pesan manusia untuk menipu daya?  Itulah pentingnya selalu mengasah dan melatih diri untuk peka mengenali pesan dari Tuhan. Mintalah hikmat yang dari Tuhan agar kita dapat mengenali dan memahami teguran Tuhan. Tuhan Yesus memberkati. (PBA)


DOA :
Tuhan, berkati kami dengan hikmat MU, supaya kami dapat mendengar dan memahami teguran-Mu melalui umat lain. Amin.