JAGALAH KEMURNIAN DIRIMU

1 Timotius 5:17-24


Kemurnian merupakan sebuah nilai atau prinsip yang dicari bahkan ingin tetap dijaga/dipelihara. Misalnya bagi para pendulang emas sangat bersemangat mencari emas yang murni atau bagi sepasang suami istri ingin terus menjaga kemurnian cintanya terhadap pasangannya atau kalau kita hendak membeli sesuatu kita tentu mencari barang yang murni atau asli supaya awet dan tidak cepat rusak. Maka dengan demikian, kemurnian itu sesuatu yang sangat berharga dalam kehidupan.

Paulus memberikan pesan/nasihat kepada jemaat untuk menjaga kemurnian diri. Kemurnian diri yang perlu dijaga di dalam teks Alkitab tersebut yaitu bersifat jasmani dan rohani. Secara jasmani, kita tetap perlu memperhatikan serta menjaga kesehatan tubuh kita. Secara rohani, kemurnian diri dapat dijaga dengan menghormati orang lain,  menegur orang yang berbuat salah, tidak terburu-buru menghakimi orang lain, berpikir panjang, tidak memihak dan tidak berprasangka. Kemurnian diri tersebut dilakukan sebagai respons diri kita terhadap karya keselamatan yang telah Allah anugerahkan.

Menjaga kemurnian diri memang bukanlah hal yang mudah kita lakukan. Ada godaan-godaan serta realitas di hadapan dan sekitar kita, baik di dalam dunia nyata maupun dunia maya. Misalnya kita kadang terburu-buru dalam menghakimi orang lain, berprasangka buruk terhadap orang lain. Oleh karena itu, kita perlu mengintrospeksi diri, merefleksikan diri apakah saya sudah menjaga kemurnian diri saya dengan cara yang berkenan di hadapan Allah dan Kristus Yesus?

 

Doa


Ya Allah, tolonglah kami agar kami dapat setia menjaga kemurnian diri kami dengan cara-cara yang berkenan di hadapan-Mu. Amin.