Untuk format audio klik di sini


JADILAH TENANG

1 Petrus 4:7-11


Beberapa tahun terakhir terjadi berbagai bencana yang melanda kehidupan banyak orang, banyak negara, bahkan global. Misalnya, tsunami, gunung meletus, banjir bandang, badai akibat cuaca ekstrem, dan terakhir pandemi Covid-19. Keadaan ini menyebabkan sebagian orang beranggapan bahwa kesudahan segala sesuatu sudah dekat; setiap orang harus mempersiapkan diri menghadapi akhir dunia.

Biasa terjadi ketika menghadapi bencana, orang menjadi panik, takut, dan kehilangan harapan. Namun, firman Tuhan hari ini mengingatkan kita, “Kuasailah dirimu, jadilah tenang supaya kamu dapat berdoa.” Kunci menghadapi persoalan adalah menguasai diri sehingga tidak terombang-ambing oleh situasi yang terjadi. Menguasai diri berarti menguasai pikiran dan emosi sehingga menjadi tenang dan dapat berpikir jernih. Dengan menguasai diri dan mampu berpikir jernih, orang dapat mengambil keputusan dengan baik, benar dan melakukan tindakan yang tepat.

Menguasai diri dan menjadi tenang sangatlah penting supaya dapat berdoa. Berdoa bukan sekadar mengungkapkan isi hati kepada Tuhan, tetapi terutama doa merupakan sarana untuk mengenal hati Tuhan dan mengerti kehendak-Nya. Dengan mengenal kehendak-Nya, kita pun belajar untuk menyelaraskan diri dengan kehendak-Nya itu. Pada akhirnya, pengenalan kehendak Tuhan akan menolong kita untuk hidup dalam damai sejahtera apa pun situasi yang kita hadapi. (Wasiat)


DOA:
Ya Tuhan, tolong kami untuk tidak khawatir, melainkan menyerahkan segalanya kepada-Mu di dalam doa. Amin.