Jangan Bersungut-Sungut

Filipi 2:12-18



Dari sekian wibawa dan padatnya nasehat Rasul Paulus di Filipi 2 ini ada satu ayat yang maknyus di saya. Kerjakan segala sesuatu dengan tidak bersungut-sungut dan tidak bertengkar. Wow - betapa nanclep betul ayat itu. Membuat renungan ini saja tiap bulan kadang bikin saya sungut² loh...gak mudah merenungkan ayat Alkitab (lebih mudah baca berita sepakbola ????) kemudian harus menyusun kata demi kata - tidak mudah. Dan harus tiap bulan lagi.

Jelas Rasul Paulus punya pergumulan dalam mengerjakan tugasnya. Mungkin jauh lebih berat dari yang kita alami atau yang saya alami saat menulis RH ini. Pesan Om Paulus jelas, kerjakan...kerjakan...be productive. Bersungut-sungut tidak memberi nilai tambah apapun (value added bahasa kerennya). Apalagi bertengkar untuk hal yang gak perlu. Jika tidak mampu, sampaikan dengan baik-baik. Tuhan lebih tahu batas kemampuan kita dibanding diri kita sendiri, asalkan kita setia. Pemazmur berkata : “Orang-orang yang menabur dengan mencucurkan air mata, akan menuai dengan bersorak-sorai.” Mazmur 126:5 . Selamat menyemangati diri di tahun yang baru. Kerjakan, fokus, sungut-sungut mu tak membuat pekerjaan jadi lebih enak. Setia dan berharap pada Tuhan saja. Cukup Tuhan lah. (SR)



Doa

Tolong kami tanggung jawab mengerjakan bagian kami dengan setia di tahun ini. Selebihnya kami serahkan pada kuasa-Mu, ya Allah. Amin.