Beragam Karunia Tapi Satu Tuan

1 Petrus 4:7-11


Mengacu ke survey yang difasilitasi Binawarga beberapa waktu silam maka ditengarai karunia rohani (spiritual gift) dari jemaat GKI Kranggan yang mengikuti survey kebanyakan memiliki karunia "Kemurahan". Sebuah karunia yang suka berbagi, senang membantu, ringan tangan. Tentu bukan berarti tidak ada karunia rohani lain di jemaat GKI Kranggan. Maka yang paling bijak tentu bukan sekedar tahu apa karunia rohani yang dimiliki namun seperti yang dinasehatkan Petrus, Rasul Yesus Kristus kepada orang-orang pendatang yang tersebar di Pontus, Galatia, Kapadokia, Asia Kecil dan Bitinia, pada 2000 tahun yang lalu. 

Menarik sekali, ketika pemahaman akan karunia tersebut masih relevan bagi kita di Jemaat Kranggan 2000 tahun kemudian, yang terdapat di 1 Pet 4:11.  

Yang pertama, Karunia rohani adalah anugerah Allah bagi tiap tiap orang (serius ini - tiap-tiap orang!) Artinya semua tiada terkecuali, semua Allah lengkapi - sudahkah kita menemukannya? Ada 7 karunia rohani menurut Roma 12:1-8. 

Yang kedua, Jadilah pengelola dari karunia itu yang melakukan dengan segenap hati (Kolose 3:23 - menurut versi terjemahan MSG : "Do Your Best"). 

Bagian ketiga, Pastikan hanya nama Allah dalam Yesus Kristus yang dimuliakan. Ingat tema kebersamaan Oktober tahun 2022 - It's not about me - bukan tentang saya. Jadi kalau dikritik santai saja - it’s not about me anyway. Selamat mengembangkan karunia rohani Anda. Supaya Allah dimuliakan dalam segala sesuatu karena Yesus Kristus. Dialah yang punya kemuliaan dan kuasa sampai selama-lamanya! Amin. (SR)


Doa

Allah yang baik - tolong aku mengembangkan karunia rohani anugerah-Mu. Karena Engkaulah yang empunya kuasa dan kemuliaan sampai selama-lamanya. Amin.