SALING MENDUKUNG DAN MENGUATKAN

2 Raja-Raja 2:1-12


Seorang pemuda tergopoh-gopoh menuju rumah adiknya, karena ia mendengar ibunya meninggal dunia. Di hadapan jasad ibunya ia meraung-raung menyesali dirinya yang belum dapat membahagiakan sang ibu, bahkan untuk berbicara via telepon pun ia sering tidak sempat. Sementara adiknya dengan sabar walau sambil menangis, memeluk sang kakak dan menghiburnya. Sang adik tidak menangis meraung-raung, karena sang adik sudah merasakan indahnya bersama sang ibu selama hidup walaupun dalam kesederhanaan. 

Nabi Elisa memperoleh keistimewaan karena mengetahui waktu nabi Elia, gurunya, akan diangkat ke sorga. Menjelang waktu itu, Elisa tidak mau menyia-nyiakannya, ia terus berusaha selalu bersama dengan Elia. Bahkan dengan tegas ia menolak meninggalkan Elia, walau Elia memintanya sampai 3 (tiga) kali. 

Kita tidak memiliki keistimewaan seperti nabi Elisa, sehingga kita tidak tahu kapan orangtua kita akan dipanggil oleh Tuhan Allah. Oleh karena itu meluangkan waktu untuk dapat bersama dengan orangtua, walau hanya berupa komunikasi via telepon atau pesan singkat. Hal  tersebut  sangatlah perlu untuk dilakukan agar hubungan selalu erat, dan selalu dapat saling mendukung serta menguatkan. 

Tanggal 18 Mei 2023 kita merayakan kenaikan Tuhan Yesus ke sorga. Sebelum naik ke Sorga, Tuhan Yesus menjanjikan Penolong yaitu Roh Kudus sebagai bukti kasih Tuhan, yang tidak tega membiarkan umatNya sendirian di dunia yang penuh kejahatan ini. Saat ini janji Kristus itu telah kita terima, oleh karena itu sebagai umat yang telah dikaruniai Roh Kudus, sudah selayaknya kita selalu berkomunikasi dengan baik, memperhatikan dan menguatkan, orangtua, keluarga dan orang terkasih lainnya. Bila anda sudah lama tidak menghubungi atau mengunjungi orang tua anda, segeralah menghubungi mereka dan berbincanglah dengan akrab dan penuh kasih. (SHT)


Doa

Tuhan, bimbinglah kami dengan Roh Kudus-Mu, agar kami selalu saling berkomunikasi, memperhatikan, menguatkan dan mendoakan orangtua, sanak saudara, rekan-rekan dan pelayan-pelayan-Mu. Amin.