SATU JAM SAJA

Wahyu 18:11-20


Sebagai umat Allah yang masih ada dalam dunia kita tidak luput dari tekanan, godaan, rayuan yang datang dari gaya hidup yang kita hidupi. Kita berhadapan dengan sekularisasi, gaya hidup hedonisme, materialisme, relativisme dan sebagainya. Bagaimana kita bisa bertahan dalam situasi dan tantangan tersebut?

Wahyu 17 berbicara mengenai Babel yang bebal akan dihancurkan, maka pasal 18 merupakan kumpulan seruan atau tangisan dan nyanyian celaka akan kehancuran Babel. Semua keagungan dan kekuatan kota yang dahsyat itu dihancurkan Allah hanya “satu jam saja” (ayat 19). Singkatnya penghancuran itu menunjukkan bahwa hanya Allah saja yang sungguh-sungguh “kuat” bukan kuasa dunia mana pun. Firman ini mengingatkan orang Kristen agar tidak menduniawi meski masih hidup dalam dunia ini. Juga tidak putus asa karena konsekuensi tekanan terhadap sikap memelihara kerohanian iman dan etika hidup Kristen. Kesadaran status kita yang mulia yang Allah anugerahkan seharusnya mencegah kita kompromi dengan dunia. 

Sebagai pengikut Kristus kita memang harus tinggal dalam dunia ini bahkan diutus sebagai saksi-Nya. Maka dalam terang pemaparan eskatologis ini, panggilan kita adalah hidup kudus dan bersukacita terus dalam kesucian dan kemuliaan Allah. Ingat kita tidak bisa main-main dengan segala hal yang membuat kita jauh dari Allah. (Wasiat)


Doa
Ketika dunia mengajak kami untuk menjauh dari-Mu, kiranya kami terus setia mengikuti-Mu dan semakin dekat dengan-Mu hari demi hari. Amin.