Untuk format audio klik disini

 

MERENDAHKAN DIRI, MUDAHKAH ?

Lukas 22:24-30

 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), “merendahkan diri” adalah “menjadikan dirinya merasa kurang”. Apakah perilaku ramah, tidak sombong berarti sama dengan merendahkan diri? Ada yang berpendapat merendahkan diri bukan karakter atau perilaku, sehingga seseorang yang ramah, rendah hati bukan berarti merendahkan diri. Mungkin benar merendahkan diri tidak sama dengan rendah hati, namun pada umumnya dalam sikap orang yang rela mau merendahkan dirinya terkandung sifat rendah hati. Merendahkan diri membutuhkan keberanian, kerelaan, dan ketulusan. Merendahkan diri bukanlah hal yang mudah dilakukan. Merendahkan diri berarti siap dan rela meninggalkan zona nyaman: apakah kedudukan, jabatan, kekayaan, dan kelebihan lain. Murid murid Tuhan Yesus saja masih bertengkar soal siapa yang dianggap terbesar (Lukas 22 :24).


Soal “merendahkan diri”, Tuhan Yesus memberikan teladan “walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan” (Filipi 2 : 6), bahkan Tuhan Yesus mengambil rupa seorang hamba dan menjadi sama dengan manusia (Filipi 2 : 7). Juga tidak hanya merendahkan diri sebagai hamba, Tuhan Yesus yang dalam keadaan sama dengan manusia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib (Filipi 2 : 8).


Merendahkan diri tidak hanya memerlukan keberanian dan kerelaan, namun juga memerlukan pengorbanan dalam segala hal. Merendahkan diri bukan sesuatu yang mudah, namun harus dilakukan. Banyak peringatan dan teguran dalam Kitab Perjanjian Lama maupun Perjanjian Baru, meredahkan diri yang dikehendaki Tuhan adalah merendahkan diri yang sejati dan bukan merendakan diri yang pura pura seperti dalam Kitab Kolose 2 : 18 “Janganlah kamu biarkan kemenanganmu digagalkan oleh orang yang pura pura merendahkan diri.” Mudahkah merendahkan diri? ... Tidak mudah, namun harus dilakukan. (PP)



DOA :
Ya Tuhan, berilah kami kekuatan dan kemampuan agar kami senantiasa mau merendahkan diri dihadapan-Mu dan dihadapan sesama kami, Amin.