Terang Tidak Dapat Bersatu Dengan Gelap

2 Korintus 6:14-7:1 


Menerima anugerah keselamatan dari Tuhan Yesus memang menyenangkan karena  Tuhan memberi sebuah kepastian  hidup kekal disurga bagi kita yang percaya akan namaNya. Tetapi sebagai orang percaya kita harus mempertanggungjawabkan hidup kita kepada Tuhan. Paulus menasihatkan kepada jemaat Korintus bahwa mereka harus menghargai kasih karunia yang Tuhan telah anugerahkan kepada mereka ( 2 Korintus 6:1). 

Kota Korintus terkenal dengan kehidupan bebasnya sehingga perbuatan amoral di kota tersebut merupakan hal biasa termasuk penyembahan berhala. Paulus mengingatkan mereka juga agar tidak berhubungan dengan pasangan yang tidak seimbang. Mereka yang belum hidup dalam kebenaran Tuhan tidak mungkin dapat bersatu dengan mereka yang sudah percaya kepada Tuhan. karena gelap (mereka yang diluar Tuhan) tidak dapat bersatu dengan terang. Paulus meminta jemaat Korintus untuk membuka hati selebar-lebarnya untuk memahami kebenaran ini. Memang tidak mudah, tetapi harus ada keberanian untuk bersikap, karena Tuhan meminta mereka untuk memisahkan diri dan tidak menjamah yang najis supaya Tuhan menerima mereka dan menjadi Bapa mereka.

Dunia sekarang tidak lebih baik dari kehidupan jemaat di kota Korintus pada waktu itu. Kadang sebagai anak muda, kita tidak mau membuka hati dan meminta hikmat Tuhan dalam menemukan pasangan hidup, yang penting dapat calon suami/isteri tidak seiman tidak penting. Kalau pun Tuhan mempertemukan dengan yang seiman pun kita harus berdoa serius supaya orang yang akan menjadi pasangan kita sungguh-sungguh sudah didalam Tuhan bukan hanya KTP nya saja Kristen. Kalau hanya KTPnya Kristen tapi sikapnya tidak mencerminkan sebagai anak Tuhan,  maka harus banyak didoakan supaya bisa bersatu secara rohani dengan kita. Sebagai orang tua, kita juga harus berdoa untuk jodoh anak- anak kita supaya Tuhan pertemukan dengan yang seiman dan takut akan Tuhan.Amin. (SE)


Doa

Ya Tuhan, pertemukanlah anak-anak-Mu dengan pasangan hidup yang sepadan dengan mereka. Amin.