Sudahkah Beribadah?

Yesaya 29:13-16


Jika salah seorang rekan atau anggota keluarga menanyakan pertanyaan tersebut, apakah jawab kita ? Sudahkah beribadah? Bisa jadi, sudah tadi pagi dalam Ibadah Minggu. Atau jawaban lain, yang mengisahkan “ritual” Ibadah dalam persekutuan bergereja. Kata Ibadah diartikan dengan sangat sempit terkadang. Yakni, kegiatan yang kita lakukan “sebatas” lingkup gereja.

Bacaan kita hari ini merupakan teguran keras Allah melalui Nabi Yesaya kepada umat Israel. Ibadah yang mereka jalankan sekedar menjadi rutinitas belaka, bahkan yang lebih parah mereka memisahkan kehidupan Ibadah mereka dengan tindakan mereka hari demi hari. Pada nats kita hari ini jelas disampaikan kelicikan dan kejahatan mereka, yang seolah taat dan saleh, padahal jauh dari Tuhan. Mereka menyembah Allah dengan mulut dan bibir mereka, tetapi hatinya menjauh dari Tuhan. Ibadah kita akan terlihat dari buah-buah yang kita hasilkan.

Maka, di bulan kedua tahun 2023 ini mari kita melihat kembali diri kita masing-masing. Apakah dengan tulus Ibadah yang kita lakukan ? Bersediakan menjadikan setiap hari yang kita jalani sebagai Ibadah kita yang kudus dan berkenan padaNya?

Tuhan menghendaki setiap kita mengenalNya lebih lagi. MengikutNya lebih sungguh, dan berpaut padaNya sampai akhir hidup kita. (CFU)

 

Doa

Kiranya setiap nafas yang kami hirup mengingatkan kami, akan cintaMu, Bapa. Kiranya hati kami dipenuhi kerinduan akan Engkau hari demi hari, Amin.