Untuk format audio klik di sini


Melihat Kemuliaan Tuhan

Keluaran 33:18-23


Manusia memerlukan bukti dalam beberapa hal. Sebab, kalau tidak ada bukti maka agak sulit untuk meyakinkan atau melakukan sesuatu sehingga segala sesuatunya berjalan dengan aman dan lancar. Sebagai contoh: melaporkan transaksi keuangan, dibutuhkan bukti kwitansi atau bukti setor; pembayaran uang kehadiran dalam pekerjaan, dibuktikan dengan daftar hadir, mencairkan cek dibutuhkan bukti tanda tangan dan identitas lainnya, kelancaran perjalanan dan ada pemeriksaan surat-surat kendaraan, maka juga dibutuhkan bukti, untuk menunjukkan rasa cinta dan sayang, juga membutuhkan bukti.

TUHAN mengatakan kepada Musa bahwa ia telah mendapat kasih karunia dari TUHAN. Namun, Musa membutuhkan bukti lebih dari TUHAN.  Ia meminta kepada TUHAN agar dapat memperlihatkan kemuliaanNya. TUHAN memenuhi permintaan Musa, akan tetapi wajah TUHAN tidak akan kelihatan.

Kapan kita berkesempatan melihat kemuliaan TUHAN? Kita selalu mempunyai kesempatan melihat kemuliaan TUHAN. Kita bisa melihat melalui alam ciptaan yang ada di sekitar kita, tumbuh-tumbuhan, binatang-binatang. Semuanya mencerminkan kemuliaan TUHAN yang patut kita syukuri.  Satu hal kemuliaan TUHAN yang dapat kita syukuri adalah diri kita sendiri, keluarga kita, orang-orang yang kita kasihi. Selain itu, kemajemukan atau perbedaan yang ada di sekitar juga merefleksikan kemuliaan TUHAN jika kita melihatnya dengan sudut pandang kasih TUHAN. (HDS)

 

 

DOA :
Tuhan, tolonglah kami agar dapat senantiasa memantulkan kemuliaan-Mu melalui perkataan, pikiran dan perbuatan kami. Amin.