Untuk format audio klik di sini

 

Tak Jauh Dari Pohonnya

2 Tawarikh 34:1-7

 

Ungkapan "like father like son" tidak berlaku untuk Raja Yosia. Dalam usia sangat muda yaitu 8 tahun, dia naik tahta menggantikan ayahnya, Raja Amon, yang sangat jahat. Alih-alih mengikuti jejak ayahnya, Yosia berlaku benar di hadapan TUHAN. Yosia mulai mencari Allah di usia 16 tahun. Dalam kurun waktu 4 tahun kemudian Yosia memulai pembaharuan spiritual yang masif terhadap seluruh wilayah kerajaan Israel Selatan (Yehuda). Sedemikian sukses bahkan pengaruhnya sampai ke Israel Utara. Dia melakukan tindakan penghancuran mezbah-mezbah baal dan meremukkan semua yang ada hubungannya dengan penyembahan berhala yang menyakiti hati TUHAN.

Dalam usia yang sangat muda dan berkuasa penuh, Yosia punya pilihan untuk menggunakan kekuasaan itu semaunya sendiri. Tidak ada yang dapat menghalanginya, dia dapat dengan mudah memuaskan hawa nafsunya. Namun bukan itu pilihan yang dia ambil. Di tengah dorongan usia remaja dan banyaknya praktek pemujaan berhala -banyaknya ilah-ilah bangsa asing kala itu- dia justru mengambil pilihan yang tidak populer. Yosia mulai mencari Allah bapa leluhurnya Daud. Mungkin raja muda itu pernah membaca tulisan kakek moyangnya Daud di Mazmur 119:9 “Dengan apakah seorang muda mempertahankan kelakuannya bersih? Dengan menjaganya sesuai dengan firman-Mu.” Pengenalan akan Allah yang benar membuatnya konsisten dan teguh dalam melakukan pembaharuan menyeluruh di Yehuda. Dia menjadi salah satu raja terbaik yang tercatat dalam sejarah Yehuda.

Raja Yosia adalah contoh yang baik bagi kita semua dan khususnya generasi masa kini yang mau memberi dampak dan berkontribusi dalam hidup ini. Mulailah dengan mencari perkenan Allah, layaknya Yosia. Hikmat ilahi akan menuntun setiap kita, yang tekun dan setia menyisihkan waktu serta memberi perhatian, guna mencari Tuhan dengan segenap jiwa, akal budi, dan pikiran. (SR)


DOA:
Ya Allah Sumber Hikmat, terangilah mata hati kami supaya di masa muda ini kami dapat tetap setia mencari perkenanMu dalam hidup ini. Amin.