Untuk format audio klik di sini


MENJADI BERKAT

1 Petrus 3:8-12


Melihat dan membaca postingan di media sosial (FB, IG, dan lainlain) telah menjadi rutinitas harian banyak orang, di masa kini. Tidak terelakkan, kadang ada postingan yang memuat caci maki terhadap pihak lain, dan tak lama kemudian dibalas dengan caci maki pula. Tak jarang, komentar buruk dan makian itu menular. Para pembaca atau penonton lainnya pun merespons dengan cacian yang tak kalah menyakitkan. Bahkan, ada kecenderungan makin banyak follower makin banyak komentar dan respons negatif yang muncul sehingga sulit dibendung.

Firman Tuhan hari ini mengingatkan kita untuk “jangan membalas kejahatan dengan kejahatan atau caci maki dengan caci maki, tetapi sebaliknya hendaklah kamu memberkati.” Kecenderungan membalas memang kadang tak terbendung, bahkan ada rasa tidak puas jika tidak membalas. Namun, orang Kristen dipanggil untuk meneladani Tuhan Yesus yang tidak membalas orang yang berbuat jahat kepada-Nya, melainkan mengampuni mereka. Itulah yang harus kita lakukan: tidak melakukan pembalasan, melainkan memberkati. Sebab, diberkatilah orang yang memberkati orang lain.

Mari membuat perbedaan dengan tidak menuruti arus dunia yang cenderung untuk membalas kejahatan dengan kejahatan dan caci maki dengan caci maki. Kita adalah saksi Kristus. Jangan membalas, melainkan berkatilah orang yang berbuat jahat kepada Anda. Itulah yang Kristus kehendaki untuk kita perbuat. (Wasiat)


DOA:
Ya Tuhan, ajar kami untuk tidak membalas kejahatan orang lain, melainkan memberkati mereka. Amin.