Untuk format audio klik di sini

 

AWAS NUBUAT PALSU!

1 Korintus 14:1-12

 

Ketika mempersiapkan renungan ini, seorang teman bercerita, bahwa di kota Malang tersebar gosip kiamat akan terjadi pada 21 Desember 2021. Hal itu ia dengar dari banyak orang yang ia temui ketika ia mengurus surat-surat di kantor almarhum suaminya. Sebagai seorang wanita yang tengah berduka karena suaminya baru saja meninggal dunia, gosip itu membuat ia gelisah dan mengungkapkannya di grup Whatsapp kami. Puji Tuhan, semua teman-temannya di grup, termasuk teman kami yang beragama Islam, menenangkan dia dengan jawaban sebagaimana pernyataan Tuhan Yesus sendiri bahwa “tidak ada seorangpun yang tahu kapan kiamat akan tiba”.

Perikop hari ini menjelaskan bahwa nubuat dalam iman Kristen tidak hanya disampaikan oleh Tuhan melalui Nabi dan RasulNya saja, namun setiap umatNya yang percaya dapat memperoleh karunia untuk bernubuat. Dijelaskan juga bahwa dibanding karunia bahasa Roh, karunia bernubuat lebih berharga dalam pembangunan jemaat, karena “siapa yang bernubuat, ia berkata-kata kepada manusia, ia membangun, menasihati dan menghibur” (1 Kor 14:3). Bila kita perhatikan berbagai nubuat di dalam Alkitab, maka kita melihat bahwa nubuat dalam Iman Kristen bukan sekedar ramalan buatan manusia belaka, namun petunjuk dari Tuhan sendiri kepada umatNya.

Jadi, apabila kita mendengar seseorang bernubuat, maka nubuat tersebut harus dapat diuji dengan Firman Tuhan di dalam Alkitab. Seperti nubuat hari kiamat tanggal 21 Desember 2021 di atas, jelas bertentangan dengan firman Tuhan. Nubuat hari kiamat adalah komoditas yang sangat laris, sehingga pernah terjadi banyak orang Kristen terjebak dan menyerahkan hartanya kepada seorang pendeta, yang ternyata seorang penipu. Apa ada nubuat yang anda dengar tentang tahun 2022? Segera uji dengan firman Tuhan di Alkitab. Jangan biarkan anda terjebak nubuat palsu dari si jahat. (SHT)


DOA :
Ya Roh Kudus, bimbing kami agar selalu waspada sehingga tidak terjebak dan jatuh oleh nubuatan palsu dari si jahat. Amin