JANGAN KAGET

Yohanes 7:40-52


Melalui Youtube kita dapat menikmati beragam sajian video yang diunggah oleh pribadi dan komunitas dari seluruh dunia. Banyak video yang informatif, inspiratif, dan edukatif. Namun, banyak juga yang menyesatkan, memecah-belah, dan destruktif. Tidak jarang kita menjumpai konten-konten yang menista kepercayaan yang berbeda. Termasuk juga yang menjelekkan iman Kristen dan sosok Kristus. Bagaimana kita menyikapinya? 

Penginjil Yohanes memperlihatkan bahwa karya kehadiran Yesus menghasilkan beragam tanggapan. Ada yang menganggap Yesus sebagai nabi. Ada yang menduga Ia Mesias dengan keraguan. Ada yang terang-terangan ingin menangkap Dia, tetapi tidak mampu. Ada yang gelap mata membela Taurat, tetapi tidak memberlakukan Taurat dengan utuh. Intinya, sejak semula ada pro dan kontra tentang Yesus Kristus. Lalu apa maknanya bagi kita saat ini? Maknanya: jangan kaget jika kita menemui orang yang kontra dan menjelekkan Tuhan Yesus.

Tanpa pertolongan Roh Kudus, orang memang tidak akan pernah percaya dan menerima karya Kristus. Tentu, kita perlu menyimak sikap Nikodemus. Ia yang awalnya bertanya-tanya tentang siapa Yesus, pada akhirnya berada di pihak Yesus dengan mengajukan pembelaannya untuk Yesus. Kelihatannya Nikodemus telah mengerti apa arti dilahirkan kembali. Dengan mantap Nikodemus memilih Kristus ketimbang suara rekan-rekannya yang dipenuhi emosi negatif kepada Yesus. Jangan kaget! Roh Kudus ternyata telah berkarya. (Wasiat)


Doa
Ya Roh Kudus, berkuasalah di dalam diriku supaya aku tidak ragu dan bimbang untuk mengimani dan mengikut Kristus selamanya. Amin.