Untuk format audio klik di sini


Tidak Seberapa Kuat Namun Taat dan SetiA

Wahyu 3:7-13

 

Sungguh indah pesan yang disampaikan di kitab Wahyu kepada jemaat di Filadelfia. Jika dibandingkan dengan kota-kota yang disebutkan oleh rasul Yohanes, kota Filadelfia ini  bisa dikatakan sebagai kota yang terkecil. Dari ketujuh jemaat yang mendapat pesan, hanya kepada jemaat Filadelfia yang dikatakan "Aku tahu bahwa kalian tidak seberapa kuat (Wahyu 3:8 - BIMK). Kekuatan di sini bisa berarti kekuatan jumlah orang, ekonomi, politik, sosial dan sebagainya. Intinya jemaat Filadelfia paling kecil dibanding keenam jemaat lain. Namun justru kepada jemaat yang kecil ini lah, Tuhan memberikan pujian : kalian sudah menuruti ajaran-Ku dan setia kepada-Ku.

Rupa-rupanya ketaatan pada ajaran dan kesetiaan mengikut Tuhan jauh lebih diapresiasi daripada kekuatan jumlah dan ekonomi. Tuhan tahu pergumulan hidup yang tidak mudah yang dialami jemaat dengan kekuatan yang tidak seberapa. Tuhan melihat kehidupan jemaat Filadelfia yang menuruti ajaran Tuhan untuk bertekun dan setia. Hal ini mereka lakukan di tengah adanya ajaran dan paham palsu dari para pembohong yang mau mempengaruhi mereka (ayat 9).

Tuhan mengganjar ketekunan mereka dengan penyertaan dan perlindungan dari masa kesusahan (ayat 10). Tuhan bahkan mengingatkan jemaat untuk menjaga baik-baik iman dan kesungguhan mereka sampai pada waktu Tuhan datang dan memberi hadiah kemenangan (ayat 11). Kiranya ini yang menjadi motivasi kita untuk meneladani jemaat Filadelfia yang taat dan setia mengiring Tuhan di tengah ketidakpastian hidup di waktu yang jahat ini (Efesus 5:16).(Wasiat)

 

DOA:
Ya Tuhan Yesus, beri kami kekuatan untuk setia kepada Tuhan
dalam berbagai situasi hidup yang tidak mudah. Amin.