Untuk format audio klik disini


TUHAN MAHA PENGAMPUN !

Yeremia 26 :12-24


Nabi Yeremia mau dibunuh karena menubuatkan kemusnahan Bait Suci pada awal pemerintahan Yoyakim, anak raja Yehuda. Firman Tuhan yang disampaikan oleh Yeremia didalam rumah Tuhan di kota Yehuda menimbulkan kemarahan para imam, nabi dan rakyat yang mendengarnya, kemudian mereka ingin menangkapnya dan menghukum mati. Tetapi para pemuka Yehuda membelanya dan Yeremia dilindungi oleh Ahukam bin Safan, sehingga tidak diserahkan kepada para imam dan rakyat untuk dibunuh.

 

Perikop di atas menggambarkan bahwa Tuhan sebenarnya punya kuasa besar untuk menurunkan malapetaka kepada penduduk kota Yehuda karena tingkah laku dan kejahatan mereka di masa itu. Disisi lain digambarkan bahwa Tuhan adalah maha pengampun dan memberikan kesempatan kepada mereka untuk bertobat mengikuti perintah Taurat.


Sebagai pengikut Tuhan, kita diajarkan untuk melakukan perbuatan dan perilaku yang sejalan dengan Firman Tuhan. Namun dalam kenyataannya, tidak terbilang banyaknya pikiran, perkataan dan tingkah laku perbuatan kita sehari-hari yang bertentangan, baik dilakukan secara sengaja maupun tidak. Firman Tuhan didalam Alkitab selalu mengajarkan umatnya untuk menyadari kesalahan dan memohon pengampunan. Tuhan punya kuasa dan maha pengampun bagi orang yang meminta pengampunan kesalahan dan dosanya (MS).



 

DOA :
Bapa kami yang baik, terimakasih untuk pengampunan yang selalu Engkau berikan kepada kami. Tolonglah kami agar dapat menjadi pribadi yang lebih baik hari demi hari, Amin.