Perhatikan Tanda-Tanda dengan Seksama

1 Samuel 9:27-10:8


Sesuai perintah Tuhan, Samuel mengurapi Saul menjadi raja bangsa Israel, lalu ia menyampaikan beberapa tanda kepada Saul. Tanda-tanda diberikan karena sebelumnya Saul menyatakan keraguannya menjadi raja Israel, karena ia dari suku Benyamin, suku terkecil, bahkan dari kaum yang paling hina dari seluruh suku Benyamin (1 Samuel 9:21).

Kita masih di awal tahun 2023, baru 20 hari kita mengevaluasi semua yang kita alami di tahun sebelumnya, termasuk mengidentifikasi pengalaman baik maupun buruk. Semua pengalaman menjadi pelajaran yang berharga untuk kehidupan kita, terutama mencegah terulangnya pengalaman buruk agar kehidupan kita semakin baik di tahun selanjutnya. Walaupun pengalaman adalah guru yang baik, namun terkait hal-hal buruk, adalah lebih baik bila kita menghindari dan tidak mengalaminya, maka perhatikan tanda-tanda yang ada agar kita terhindar dari pengalaman buruk. Seperti rambu-rambu di jalan raya, banyak tanda-tanda yang dapat mencegah terjadinya kesalahan, tetapi karena terburu-buru kita tidak melihatnya, atau lebih buruk lagi kita mengabaikan tanda-tanda tersebut. Sebagaimana kecelakaan yang terjadi beberapa waktu lalu di perempatan Cibubur Plaza, dimana ketika traffic light berubah warna menjadi merah, seorang pengemudi kendaraan tidak mengindahkannya, ia terus ngebut sehingga menabrak kendaraan dari arah berlawanan.

Tuhan tidak pernah membiarkan umatNya berjalan tanpa panduan dan bimbingan, tugas kita adalah memperhatikan segala tanda yang Tuhan berikan menjadi panduan hidup kita. Tanda-tanda dari Tuhan dapat kita peroleh dari hamba-hamba Tuhan, dari orang yang mengasihi kita, bahkan kadang dari orang yang tidak kita kenal. Supaya kita tidak mengabaikannya, perhatikanlah dengan seksama, dan mintalah tolong Roh Kudus agar kita mampu mengenali setiap tanda dari Tuhan dengan baik dalam setiap langkah hidup kita. (SHT)


Doa

Bapa kami yang di Sorga, ajarlah kami agar selalu melihat dan mendengarkan setiap tanda-tanda daripada-Mu, sehingga kami dapat menjalani kehidupan ini dengan baik sebagaimana yang Engkau kehendaki. Amin