SIAP DIHINA DAN MENDERITA

Markus 9:9-13


Bagi murid-murid Tuhan Yesus, sangatlah tidak masuk akal ketika Tuhan berkata bahwa Ia akan menderita dan dihina, karena baru saja mereka menyaksikan Tuhan Yesus dimuliakan oleh Allah Bapa yang bersabda "Inilah Anak yang Kukasihi, dengarkanlah Dia” (Markus 9:7). Bagaimana mungkin Mesias, Juru Selamat manusia yang ditunggu-tunggu akan menderita dan dihina oleh manusia? Bukankah seharusnya Mesias dipuja dan disembah oleh setiap manusia yang akan dibebaskan dari belenggu dosa? 

Ayat ini mungkin dirasa kurang pas karena saat ini sedang suasana Natal, dimana perayaan-perayaan Natal dengan lagu-lagunya yang memuliakan Tuhan dilantunkan. Sungguh sangat menyesakan ketika Juru Selamat yang ditunggu-tunggu, dan kelahirannya dirayakan meriah serta disambut raja-raja dari Timur, ternyata akan mati dengan hina dan tidak manusiawi. Namun itu semua harus terjadi, bahkan bukan hanya dihadapi Tuhan Yesus, namun oleh setiap orang pengikutNya, dimana kita semua bisa merasakan hinaan-hinaan atas iman kita yang datang bertubi-tubi. 

Selama iblis, si jahat masih ada, maka setiap orang yang sungguh-sungguh menjalankan perintah Tuhan, dan yang setia di jalan kebenaran, akan menghadapi penderitaan, karena si jahat, sang penyesat itu, terus berusaha menyesatkan manusia untuk memusuhi dan menghina pengikut Tuhan Yesus. Saat ini kita berada di masa Adven, masa di mana kita bukan hanya merayakan kedatangan Tuhan Yesus sebagai bayi Natal, namun merindukan kehadiran Tuhan Yesus sebagai Hakim Agung yang akan menghukum si jahat dan pengikut-pengikutnya. Maka, jangan gentar walau si jahat terus mengancam seperti lolongan serigala dan auman singa. 

Kita harus tetap tegak berdiri dan berjalan dengan teguh di jalan Tuhan, karena kelak Tuhan sendiri yang akan datang dan menyambut kita yang setia, menyambut kita sebagai pemenang yang layak masuk ke dalam kerajaanNya yang kekal. (SHT)


 

Doa Tuhan, tabahkanlah kami menghadapi hinaan dan cercaan dari si jahat dan pengikutnya, agar kami terus setia dan bertahan sampai akhir dan layak Engkau sambut masuk dalam kerajaan-Mu yang kekal. Amin.