Untuk format audio klik di sini


Anak Manusia adalah TUHAN

Lukas 6:1-5


 

Banyak orang terutama tetangga sebelah yang mengatakan kalau Tuhan Yesus tidak pernah mengaku sebagai Tuhan dan hanya konsili Gereja mula mula lah yang menetapkan Yesus sebagai TUHAN. Bacaan hari ini kita ditegaskan satu ayat kalau Yesus mengaku sebagai anak manusia yang menjadi TUHAN atas hari sabat, Mungkin banyak lagi yang beralasan ini kata Tuhannya bermakna Lord atau Tuan bukan GOD atau Dewa atau YHWH. Jika kita mau sedikit tenang dan merenungkan maka siapa sih yang berhak menjadi tuan atas hari/waktu/umur? selain Tuhan sendiri. Buat waktu, kita tidak punya hak sama sekali dan hanya TUHAN/GOD/Dewa/ALLAH yang punya hak menjadi tuan atas waktu atas hari.

Renungan pagi ini juga mau mengajak kita merenungkan secara singkat tentang Trinitas/Tritunggal atau Allah kita yang tiga pribadi tetapi satu. Ini bukan konsep yang mudah dimengerti tetapi jadi dasar iman Kristen kita. Jika kita meluangkan waktu untuk mempelajari hasil konsili-konsili Gereja mula-mula yang kita pahami sebagai pertemuan Bapak Gereja dalam menyamakan pengertian mereka akan ALKITAB. Mereka tuangkan pemahaman mereka pada Pengakuan Iman yang kita masih baca/ucapkan setiap minggu sebagai syahadat kita orang yang mengaku percaya.

Ketika banyak gereja sudah meninggalkan Pengakuan Iman dalam ibadahnya. Ketika kita juga bingung sama dasar iman dan kita masih kurang mengerti dasar iman kita maka sekarang saatnya kita belajar dan mencari tahu. Mendiamkan kebingungan kita dan menerima apa adanya akan membuat kita mudah diombang ambingkan. Padahal  pengajaran yang semakin banyak dan mudah didapat di zaman Internet  saat ini. Akhirnya di akhir renungan ini saya mau mengajak semua kita untuk mau ikut dalam pembinaan di gereja kita melalui program-program yang disediakan. Akan ada sukacita ketika TUHAN buka dan beri jawaban akan kebingungan iman kita.(SDC)

 

DOA:
Tuhan ajar kami punya hati yang suka belajar karena kami adalah MURID bukan guru