Untuk format audio klik disini


MENJADI SABAR ADALAH TANTANGAN TERBESAR

        Ibrani 6 : 13-20



Ada beberapa kata mutiara dalam budaya Jawa tentang sabar yang mungkin masih banyak yang ingat dan mungkin ada juga di budaya suku lain di Indonesia. Kata kata mutiara ini menempatkan kesabaran sebagai salah satu sifat manusia yang menunjukan kualitas pribadi seseorang. Pepatah ini diantaranya :

1.    "Alon-alon waton kelakon." (Pelan-pelan yang penting terlaksana)

2.    "Sabar iku ingaran mustikaning laku."(Sabar adalah Mustika/Harta yang berharga)

3.    "Sing sabar lan ngalah dadi kekasih Allah." (Yang sabar dan mengalah akan menjadi kekasih Allah). Dan masih banyak lagi.

Dari jaman nenek moyang kita yang dianggap belum beragama, mereka sudah memandang Sabar adalah sifat mulia manusia untuk memenangkan banyak masalah di dunia dan membuat hidup manusia berbahagia. Akan tetapi mengapa ketika kita telah memiliki TUHAN, mengenal TUHAN, bahkan merasakan penyertaanNya, perilaku SABAR ini malah bisa hilang dari sifat kita ?

Sabar adalah salah satu Buah Roh juga dalam Galatia 5:22-23 dan menjadi ciri khas orang Kristen. Tetapi kenapa sifat ini paling susah kita lihat ? Ketika jumlah teman yang terpapar Covid naik tinggi dan perlu perjuangan besar  untuk  masuk Rumah sakit, SABAR menjadi kunci yang menyelamatkan banyak orang. Mereka bisa sama sama antri di UGD berhari hari, yang sabar tetap sukacita sehingga kondisinya tidak semakin parah dan yang tidak sabar akan pindah pindah RS, marah, emosi dan kadangkala membuat kondisinya semakin parah. Sabar membuat kita bisa tetap merasa damai sejahtera ketika mengemudi di Jalan Jakarta yang terkenal amburadul dan banyak suka saling serobot. Sabar adalah kunci kebahagiaan kita di dunia. Apakah kita masih mau kehilangan sifat tersebut ? (SDC)



DOA :
Tuhan karuniakan kami kesabaran dalam menjalani hidup di dunia, Amin