Anda Jenuh Melayani ? Tenang, Yeremia juga

Yeremia 20:7-13


Nabi Tuhan pun manusia biasa yang juga mengalami kejenuhan, kegalauan, perasaan gagal dalam menyampaikan kebenaran, mengalami kelelahan mental menghadapi segala tantangan, hambatan, cercaan pihak luar, bahkan dari dalam diri sendiri. Hal itu yang dialami Nabi Yeremia dalam perikop ini. Yeremia yang ditugaskan Tuhan menyampaikan nubuatan bagi Kerajaan Israel Selatan (Yehuda) yang akan diserahkan kepada Babel. Tentu bukan hal mudah menyampaikan berita yang tidak populer dan menyakitkan telinga. Pasti banyak resistensi bahkan upaya memberangus si pembawa berita.  Namun di ayat 11, Yeremia mengalami penyertaan TUHAN yang melindunginya. Tuhan merespon ungkapan hati dan pengaduan Yeremia (ayat 12).

Maka dalam pelayanan yang Tuhan perkenan kita lakukan, dimanapun dan apapun peran kita, yakinlah ada penyertaan Allah pada setiap tantangan. Tuhan melihat motivasi pelayanan kita bahkan sampai ke dalam relung hati dan batin kita. Seperti Yeremia di ayat 13, kita akan dimampukan "menyanyi dan memuji Tuhan karena Ia melepaskan" - ingatlah bahwa Tuhan melihat hati.  (SR)

 

Doa


Ya Allah, Engkau melihat jauh ke dalam batin kami. Selidiki dan murnikan motivasi pelayanan kami dan pelihara semangatnya agar ketika dalam kesulitan dan kejenuhan, kami dapat melaluinya. Amin.