DIA Hanya Sejauh Doa

I Samuel 1:1-20


 


Bila kau rasa gelisah di hatimu, bila kelam kabut tak menentu hidupmu Ingat masih ada seorang penolong bagimu, Yesus tak pernah jauh darimu..... Kalimat diatas adalah cupilkan lirik lagu Dia Hanya Sejauh Doa, mengingatkan bahwa apapun masalah kita, kita punya Tuhan yang siap menolong, karena itu kita harus datang kepada-Nya didalam doa kita dan percaya akan kuasa-Nya.

Membaca kisah kehidupan Hana, sebagai seorang isteri, dia mengalami penderitaan yang luar biasa. Ia sangat bersusah hati (ayat 15). Mengapa?

(1). Suaminya, Elkana memiliki isteri lain namanya Penina, (2). Penina memiliki anak, sedangkan dia tidak, (3). Penina selalu menyakiti hatinya karena Tuhan telah menutup kandungan Hana.

Perlakuan jahat Penina terhadap Hana dilakukan bertahun-tahun. Beban psikologis yang ditanggungnya sangatlah berat, karena perempuan umumnya banyak dipengaruhi oleh perasaan. Walaupun suaminya, Elkana sangat mengasihi dia. Penderitaan batin yang dialami Hana bertahun-tahun tidak membuatnya jauh dari Tuhan, tetapi dia tetap mencari Tuhan dan terus beribadah dan menyembah Tuhan. Hal itulah yang membuat Hana tetap kuat walaupun hatinya tersakiti dan mencari solusi dengan memohon belas kasihan Tuhan didalam doanya dibait suci agar Tuhan mendengar curahan hatinya untuk mendapatkan keturunan. Tuhan mengingat doa Hana, tahun berikutnya Hana mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki yang diberi nama Samuel (ayat 20).

Setiap kita memiliki berbagai macam pergumulan hidup. Memasuki Tahun Baru 2023, mari kita belajar dari Hana, mencari solusi dengan meminta pertolongan Tuhan, karena Dia hanya sejauh doa (didalam hati kita), bukan kepada yang lain diluar Tuhan, tetap hidup kudus (tidak membalas kejahatan Penina dengan kejahatan) dan jangan lupakan Tuhan ketika Dia menjawab doa kita (Hana membayar nazarnya dengan mempersembahkan Samuel anaknya kepada Tuhan). (SE).



Doa

Ya Tuhan, ajarlah kami mencari Tuhan dan mempercayai-Mu seperti Hana. Amin