Sudah Adilkah Saya?

Yesaya 56:1-5

Apakah kita taat hukum? Saya percaya sebagian besar umat Kristen adalah taat hukum, sehingga sangat jarang yang pernah melanggar hukum. Hukum jangan mencuri, atau jangan membunuh atau hukum-hukum lainnya, sangatlah jelas tolok ukurnya, sehingga kita mudah menilai apakah seseorang telah melanggar hukum atau tidak. Namun Tuhan tidak memerintahkan kita hanya taat akan hukum, tetapi kita Haruslah Menegakan Keadilan. Menilai seseorang adil atau tidak, tidaklah semudah menilai pelanggar hukum, karena keadilan dinilai dengan subjektif. Bahkan Hakim yang sudah berusaha memutuskan hukum dengan adil, tetap dapat dinilai tidak adil, baik oleh terdakwa maupun oleh korban yang dirugikan oleh terdakwa. 

Bertindak adil dipengaruhi berbagai hal, misalnya karena menyukai seseorang, atau sebaliknya karena benci pada orang tersebut. Akibatnya seringkali kepada mereka yang dibenci kita berbuat semena-mena, berbeda dengan sikap terhadap yang kita sukai. Rasa keadilan kita tentu terguncang ketika seorang nenek, pencari kayu bakar, dituduh mencuri, sehingga ditangkap dan digelandang ke pengadilan. Sementara seorang pejabat yang memiliki harta kekayaan yang tidak wajar, dibanding dengan gajinya, tidak ada yang menangkap dan mengintrogasinya. Apakah kita orang yang adil? Apakah kita memperlakukan orang dengan melihat jabatannya? Apakah kita memperlakukan orang dengan pertimbangan like and dislike? 

Apabila salah satu saja jawaban kita adalah iya, maka bertobatlah segera. Bertobatlah dan tegakan keadilan tanpa memandang apakah seseorang itu kaya atau miskin; apakah berpangkat atau rakyat jelata; apakah orang tersebut kita sukai, teman kita, atau keluarga kita. 

Mari kita segera menegakan keadilan sekarang juga, sebagaimana Firman Tuhan yang kita baca hari ini, karena tidak akan lama lagi keadilan Tuhan akan dinyatakan dengan seadil-adilnya tanpa memandang muka! (SHT)


Doa : Bapa Yang Disurga, kami mohon ampun karena sering berbuat tidak adil kepada sesama kami manusia. Bimbinglah kami dengan Roh KudusMu agar selalu dapat menegakan keadilan sebagaimana Engkau sampaikan di dalam FirmanMu. Amin.