Kuasa Untuk Bersaksi

Kisah Para Rasul 1:1-11


Layaknya pasukan tentara yang akan terjun ke medan peperangan, mereka perlu diperlengkapi dengan peralatan perang yang lengkap, fisik yang kuat, pelatihan yang memadai dan sebagainya agar mereka tidak mudah dikalahkan oleh musuh. Demikian pula para murid, sepeninggal Tuhan Yesus ke surga, tentunya mereka tidak dibiarkan berjuang sendiri didunia karena mereka tidak mungkin mampu. Mereka membutuhkan Roh Kudus sebagai Penolong. Yesus melarang para murid meninggalkan Yerusalem sebelum mereka mendapatkan janji Bapa yaitu turunnya Roh Kudus yang akan menyertai mereka. "Tetapi kamu akan menerima "Kuasa"...kalau Roh Kudus turun atas kamu dan kamu akan menjadi saksiKu. 

Yesus menyadari para murid tidak akan sanggup mengemban tugas yang amat berat dan penuh resiko seorang diri. Hal ini sejalan dengan Amanat Agung Tuhan Yesus di dalam Matius 28:18-20. Bahwa Yesus memerintahkan para murid untuk pergi memberitakan Injil keseluruh dunia, memuridkan mereka dan janjiNya untuk menyertai senantiasa sampai kepada akhir zaman. Hari ini kita merayakan Kenaikan Tuhan Yesus ke Surga. Seperti para murid, kita pun diminta Tuhan untuk bersaksi tentang Yesus kepada banyak orang melalui sikap dan perkataan kita. Dimulai dari rumah kita, bagaimana sikap kita terhadap suami, isteri, anak-anak atau asisten rumah tangga kita? Bagaimana dengan tetangga kita, apakah kita peduli atau masa bodoh dengan mereka? Di kantor, bagaimana dengan pimpinan, rekan kerja atau karyawan yang lebih rendah dari kita, apakah mereka melihat ada yang berbeda dengan kita? 

Pernahkah kita bercerita tentang kebaikan Tuhan Yesus kepada orang yang Tuhan pertemukan dengan kita atau pernahkah kita berpikir bahwa Tuhan dapat memakai media sosial atau handphone sebagai sarana untuk kita bersaksi? Tuhan akan memperlengkapi kita dengan kuasaNya sehingga banyak orang mengenal dan percaya kepada Tuhan Yesus. (SE).


Doa

Tuhan kami bersyukur, Engkau naik ke surga untuk menyediakan tempat bagikami yang percaya nama-Mu. Perlengkapi kami dengan kuasa Roh KudusMu untuk menjadi saksi-Mu.Amin