Resolusi dan Komitmen

Ibrani 10 : 1 – 4



Biasanya menjelang tahun baru, banyak orang membuat resolusi perubahan hidup untuk menjadi lebih baik dari tahun sebelumnya. Namun terkadang resolusi itu hanya berupa tulisan diatas kertas atau sebatas dalam pikiran saja, karena ternyata untuk mengubah kebiasaan yang sudah sering dilakukan sangatlah tidak mudah, membutuhkan komitmen dan tekad yang kuat untuk melaksanakannya.

Begitu juga bacaan kita hari ini yang diambil dari Ibrani 10 dimana kitab ini ditulis untuk orang-orang Kristen pada masa itu yang sulit melepaskan kebiasaan ritual dan tradisi Yahudi. Padahal ayat 4 sudah ditegaskan bahwa darah lembu atau domba tidak mungkin bisa menghapus dosa. Bahkan melakukan hukum taurat pun tidak mendatangkan keselamatan dan persembahan kurban bakaran tidak dapat menghapus dosa, tapi mereka masih mengikuti kebiasan-kebiasan tersebut. Hukum Taurat hanyalah bayangan saja dari keselamatan yang akan datang (1). Pengampunan dosa dan keselamatan hanya terjadi karena iman kepada Yesus yang telah mati di kayu salib untuk menebus dosa manusia. Kematian-Nya itulah kurban sempurna yang membuat manusia layak dihadapan Allah. Hanya Kristus yang bisa mengampuni dosa manusia dan dosa-dosa kita pun tidak diingat lagi olehNya (17).

Ketika memasuki tahun 2023 ini, adakah yang kita harapkan untuk berubah menjadi lebih baik lagi. Jika ya, marilah kita lakukan juga resolusi untuk lebih bertekad kuat mengikut Kristus dengan perubahan cara hidup yang lama yang tidak berkenan dihadapan Allah. Mari kita tidak lagi melakukan kebiasaan-kebiasaan yang tidak benar atau mengikuti kehendak sendiri. Lebih baik kita merendahkan hati untuk menjadi lebih tunduk pada kehendak Kristus saja. Janganlah sia-siakan pengorbanan Kristus dengan kembali pada pola kehidupan lama kita yang sia-sia. Berjalanlah dengan iman dan nyatakan pertobatan kita untuk hidup dan bersaksi bagi Dia. Amin (NC)


Doa

Tuhan Yesus, terima kasih atas penyertaan-Mu pada kami yang boleh memasuki tahun 2023 ini dengan tekad yang serius dalam perubahan hidup kami yang mengikuti kehendakMu saja. Amin