APAKAH BETUL SIA-SIA ?

1 Korintus 15:12-20


Kebangkitan Yesus selalu menjadi pertanyaan untuk banyak orang orang yang tidak mengakui ke-Tuhan-an Yesus dan ini terjadi setiap tahun sepanjang abad. Ketuhanan Yesus disangkal dengan menyangkal kebangkitanNya bahkan kematianNya di salib. Ada agama yang mengakui Yesus tidak pernah disalib dan mati tetapi langsung diangkat ke surga. Ada pula yang menyangkal kebangkitannya dan menganggap dia manusia biasa. Anehnya kadang iman orang lain ini bisa mengguncangkan iman orang kristen / anak Tuhan. 

Kenapa iman orang kristen bisa terguncang hanya karena pendapat orang lain ? ini bisa saja terjadi karena mereka belum dengan sungguh mengalami perjumpaan dengan Tuhan. Sama seperti Raja Saul atau Yudas Iskariot yang walau sudah punya pengalaman dengan Tuhan merasa bisa mengontrol dan memaksa TUHAN ikut maunya mereka. Perjumpaan adalah kata kunci dari awal perjalanan iman seorang anak Tuhan dan kesetiaan menjadi keharusan untuk mempertahankan anugerah itu. Kematian Yesus adalah fakta sejarah. Kita cukup baca sejarah bangsa Yahudi/ Israel yang saat itu dijajah bangsa Romawi. Kerajaan itu sudah punya sistem pembukuan yang baik dan mereka mencatat keputusan Herodes dan Kayafas untuk menghukum mati Yesus bersama dua penjahat dengan cara disalib. 

Jadi Yesus pasti mati disalib menurut sejarah bangsa Israel. Yesus juga pasti bangkit karena kesaksian murid murid yang melihatnya banyak ditulis dalam apokrifa-apokrifa atau tulisan sejaman dengan penulisan Injil serta tertulis di ke empat injil. Perjumpaan Yesus dengan murid murid juga terjadi berkali kali dan tercatat serta sampai hari ini masih terjadi dan dialami banyak anak-anak Tuhan. Perjumpaan dengan Yesus yang sudah bangkit akan membuat iman kita kuat dan tidak hanya beriman menurut kesaksian orang lain. (SDC)


Doa

TUHAN, ajar kami punya iman tangan pertama atau pengalaman kami sendiri bukan hanya berdasarkan kesaksian orang lain. Amin.