TUHAN PEMILIK KEADILAN SEJATI

Yesaya 45 : 20-25


Berdasarkan teori hukum yang ada, keadilan adalah milik setiap manusia, tidak memandang miskin maupun kaya, jabatan maupun strata sosialnya. Namun tidak sedikit orang yang mengharapkan keadilan dalam permasalahan yang dihadapi, justru masih sulit mendapatkan keadilan. Tidak hanya itu, bahkan beredar di masyarakat bahwa keadilan hanya milik orang kaya bukan orang miskin, keadilan hanya milik orang yang punya kekuatan. Itulah gambaran keadilan yang ada di dunia pada umumnya, bahkan pernah ada gambar karikatur yang bernada sindiran bahwa untuk mendapatkan keadilan kita harus membelinya. 

Dalam Alkitab Perjanjian Lama maupun Perjanjian Baru Tuhan Allah banyak berfirman tentang keadilan. Sejak pelanggaran yang dilakukan Adam dan Hawa Tuhan sudah Memberikan hukuman yang berkeadilan atas kesalahan dan dosa yang telah dilakukannya. Dalam perjalanan bangsa Israel keluar dari tanah Mesir, melalui Musa Allah berfirman : "Semata-mata keadilan, itulah yang harus kaukejar, supaya engkau hidup dan memiliki negeri yang diberikan kepadamu oleh TUHAN, Allahmu." (Ulangan 16:20). Tuhanlah pemilik keadilan sejati, Keadilan dan kekuatan hanya ada di dalam TUHAN (Yesaya 45:24). 

Melalui perumpamaan tentang orang-orang upahan di kebun anggur (Matius 20 :1-16), Tuhan Yesus memberikan salah satu pengajaran Keadilan Tuhan yang sejati. Manusia bisa saja sulit menerima pengajaran Tuhan, karena manusia berpikir untung dan rugi. Tuhan Yesus juga memberikan pengajaran akan keadilan yang sejati terhadap perempuan yang kedapatan berbuat zinah (Yohanes 8 : 3-11). Masih banyak pengajaran keadilan sejati dari Tuhan, baik disampaikan melalui Nabi, maupun yang secara langsung Ia sampaikan kepada para murid-Nya. Tuhan Yesus adalah teladan yang sempurna bagi kita umat percaya, bagaimana keadilan itu dinyatakan dalam hidup keseharian. (PP)


Doa

Tolong kami ya Tuhan agar mampu memahami pengajaran Tuhan bagaimana keadilan itu harus dinyatakan dalam keseharian kehidupan kami sebagai anak anak Tuhan. Amin