Teguh Dalam Kebenaran

2 Yohanes 1:1-6


Tanggal 16 April adalah Hari Bunga Anggrek Nasional. Bunga anggrek adalah salah satu bunga kebanggaan Indonesia yang terkenal di seluruh dunia, bahkan ada satu jenis bunga anggrek yang masuk ke dalam jajaran bunga termahal di dunia. Pengalaman saya, tidaklah mudah memelihara bunga anggrek, harus ada perhatian dan perawatan khusus agar tanaman anggrek dapat tumbuh dengan sehat dan menghasilkan bunga yang indah. 

Begitu juga menjadi orang benar sebagaimana yang diajarkan Tuhan Yesus kepada kita, ajaran Tuhan harus kita mengerti dengan baik dan kita rawat secara baik pula, sehingga kita dapat hidup dan bersikap sebagaimana orang benar yang Tuhan inginkan. Namun si jahat selalu menggoda kita dengan berbagai bujuk rayu dunia, sebagaimana yang terjadi ketika Surat 1, 2 dan 3 Yohanes ditulis, pada saat itu penyimpangan banyak terjadi pada gereja-gereja terutama penyimpangan yang dilakukan oleh para pengurus gereja, sehingga membuat jemaatnya menyimpang dari jalan kebenaran, bahkan banyak yang mulai meragukan bahwa Yesus Kristus adalah Anak Tuhan. 

Melalui suratnya Yohanes menguatkan para jemaat yang masih setia dan berjalan di jalan kebenaran, sebagaimana yang tertulis pada nats hari ini, dan dilanjutkan pada 2 Yohanes 1:2 yang meyakinkan para jemaat bahwa kebenaran sejati dari Tuhan Yesus akan menyertai kita selama-lamanya. Apabila hari ini kita menghadapi godaan dan tantangan yang mengajak kita menyimpang dari jalan kebenaran, segeralah berdoa dan mohon pertolongan Tuhan, agar kita dikuatkan dan tetap teguh menjadi orang benar walau apapun yang akan terjadi. Begitu juga bila kita mendengar atau mengetahui ada saudara-saudara seiman yang menghadapi pergumulan karena hidup sebagai orang benar, doakan mereka dan kirimkan firman Tuhan ini agar mereka tetap kuat dan teguh menghadapi godaan dunia ini. (SHT)


Doa

Tuhan Yesus terima kasih karena hari ini Engkau kembali mengingatkan kami agar terus setia dan hidup di jalan yang benar sebagaimana yang Engkau inginkan. Amin.