Tetap Tinggal Didalam Terang

1 Yohanes 1:3 - 10


Ketika lampu dirumah kita padam, pasti sangat mengganggu, apalagi kalau lampu padam pada malam hari dan besok anak-anak akan menghadapi ujian sekolah. Mereka butuh cahaya untuk menerangi ruang belajar mereka.

Begitu berartinya terang bagi kehidupan sehingga kita tidak bisa hidup tanpa terang.  

I Yohanes 1: 5b " Allah adalah terang dan didalam DIa sama sekali tidak ada kegelapan."  

Yohanes 8:12 Yesus berkata:" Akulah terang dunia, barangsiapa mengikut aku ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup."

Terang pasti berlawanan dengan gelap, jadi orang yang ingin hidup didalam terang, pasti akan menghindari kegelapan. Hidup didalam kegelapan adalah hidup diluar Kristus atau hidup didalam dosa, dengan kata lain orang tersebut belum memiliki terang hidup yang sesungguhnya didalam hatinya yaitu Yesus Kristus. 

Jika seseorang sudah memiliki Kristus di dalam hatinya maka dia tidak akan berjalan didalam kegelapan, karena setiap tindakannya diterangi oleh firman Tuhan. Kalaupun ia jatuh, tidak akan tergeletak karena tangan Tuhan menopangnya kembali.

Bacaan kita hari ini mengatakan jika kita bersekutu dengan Dia tetapi kita masih hidup dalam kegelapan berarti  kita berdusta dan kebenaran tidak ada didalam kita. Karena itu jika kita jatuh dalam dosa segera minta ampun kepada Tuhan, karena Tuhan ingin kita ada dalam persekutuan yang intim dengan Dia. Tidak ada kamuflase atau sesuatu yang di buat-buat. 

Kalau saat ini ada kesalahpahaman antara orangtua,suami isteri dan anak atau didalam Gereja antar Majelis, Pendeta atau jemaat, jangan kita tahan atau tunda. Tuhan meminta kita segera saling mengaku dosa agar kita kembali menikmati persekutuan dengan Tuhan dan sesama kita. Itulah tandanya kita hidup didalam terang dan Sang Terang yaitu Yesus Kristus sudah ada dihati kita. (SE)

 

 

Doa
Biarkanlah hati kami terus diterangi oleh firmanMu sehingga jalan kami menikmati persekutuan yang indah dengan Engkau dan sesama kami.Amin