PEMELIHARAAN ALLAH

1 Korintus 10 : 1-4

Dalam bagian pembacaan Alkitab kita hari ini, Paulus menjabarkan beberapa pengalaman rohani yang luar biasa yang pernah dialami oleh bangsa Israel. Kita melihat ada tiga hal yang dilakukan Allah kepada bangsa Israel. 

  • Pertama, selama perjalanan keluar dari tanah Mesir, bangsa Israel selalu di bawah perlindungan awan, bukan awan biasa tetapi tiang awan yang berfungsi sebagai penuntun dalam perjalan di padang pasir dan sebagai pelindung dari teriknya matahari. 

  • Kedua, bangsa Israel melewati lautan, dimana Tuhan mengeringkan laut Teberau tersebut sehingga mereka dapat berjalan melewati daratan yang kering. Begitu hebatnya kejadian ini, sampai-sampai bangsa-bangsa lain pun menjadi gentar terhadap bangsa Israel. 

  • Ketiga, bangsa Israel tidak mungkin bercocok tanam maupun memiliki suatu sungai atau sumber air secara permanen. Tuhan memelihara mereka secara ajaib dengan cara memberi roti dari sorga (manna) dan air minum dari gunung. Seperti halnya dalam perjalanan kehidupan kita saat ini. Allah menuntun, melindungi dan memenuhi seluruh kebutuhan bangsa Israel adalah Allah yang sama yang saat ini kita sembah di dalam Yesus akan melakukan hal yang sama pula di sepanjang hidup kita. 

Oleh karena itu, marilah kita senantiasa percaya akan kasih dan pemeliharaan Tuhan di sepanjang kehidupan yang masih Tuhan percayakan kepada kita. (ALP)


Doa

Ya Allah, kami bersyukur memiliki Allah yang penuh kasih setia dalam memelihara umatNya. Ya Roh Kudus mampukanlah hidup hamba untuk terus percaya akan pemeliharaanMu. Amin.