Gereja dan Pemerintah

Roma 13 : 1 –7



Sebagian dari kita mungkin berpikir dan bertanya, “Apa kaitan antara gereja dengan pemerintah? Apa kaitan orang-orang percaya dengan  pemerintah bahkan juga dengan negara”. Bisa jadi sebagian orang berpikir bahwa itu tidak ada kaitannya. Gereja itu terkait dengan hal-hal yang sifatnya Rohani atau spiritual. Sementara pemerintah atau pun negara berkutat soal-soal sekuler. Namun kita dapat melihat dengan jelas dan tegas bahwa ada banyak bagian dalam alkitab yang berbicara tentang keterkaitan erat antara umat dengan negara atau pun pemerintah.Bahkan juga keterkaitan erat antara setiap orang percaya dengan pemerintah dan juga kehidupan negara dimana umat tinggal. Allah memerintahkan supaya umat-Nya itu turut serta berperan dalam Pembangunan kota dimana mereka tinggal. Misalnya pada jaman nabi Yeremia. Umat Allah saat itu sedang berada dalam pembuangan di negara babel. Allah, melalui sang nabi memerintahkan agar umat yang sedang terbuang itu justru turut berperan aktif untuk membangun kota dimana mereka tinggal di pembuangan itu. Karena kesejahteraan kota itu menjadi kesejahteraan bagi mereka juga.



Tuhan Yesus juga mengatakan, “Berilah kepada raja apa yang menjadi hak raja”, tidak hanya memperhatikan soal hak-hak Allah! Dalam bacaan hari ini, kita juga melihat bagimana Paulus melihat dan berbicara tentang pemerintah. Tidak ada pemerintah yang tidak berasal dari Allah, dan bahwa pemerintah-pemerintah yang ada itu ditetapkan oleh Allah. Oleh karena itu, sudah seharusnyalah kita menghormati para pemimpin kita di negeri ini. Bangsa dan negara kita saat ini sedang bersiap untuk memilih para calon pemimpin bangsa dan negara. Maka sudah menjadi panggilan bagi setiap kita untuk berperan aktif. Bagi yang mampu memimpin, mereka dipanggil untuk berperan menjadi wakil-wakil rakyat yang dapat menyampaikan aspirasi rakyat dengn benar dan menghadirkan perdamaian dan kemakmuran bagi seluruh anak bangsa. Bagi kita semua, kita dipanggil untuk berperan serta dalam pesta demokrasi untuk dapat menyampaikan suara dengan baik dan bertanggung jawab pada waktunya nanti.


Selamat berperan serta dalam Upaya Pembangunan bangsa dan negeri yang kita cintai ini. (ISI)

 

Doa


Ya Bapa, kami bersyukur untuk negara Indonesia dimana kami tinggal dan juga untuk para pemimpin bangsa kami. Lengkapilah para pemimpin kami dengan hikmatMu, agar mereka dapat memimpin dengan adil, benar dan kebijaksanaan. Amin