DALAM PEMELIHARAAN

Keluaran 16 : 27 – 35


Perjalanan umat Israel di padang gurun dialami dalam waktu yang demikian panjang.  40 tahun mereka harus hidup di tanah yang gersang dan tandus itu.  Di tempat yang seperti itu tentunya sangatlah sulit untuk bisa mendapatkan makanan. Bagaimana mereka dapat bertahan hidup dan tetap dapat memenuhi kebutuhan makanan? Ternyata Tuhan selalu mencukupkan kebutuhan hidup mereka. Manna, yang disebut sebagai roti dari surga, Tuhan kirimkan setiap hari. Orang Israel tinggal memungutnya sesuai dengan kebutuhan keluarga mereka. Tidak boleh berlebihan. Pada hari yang ke -6, sebelum hari Sabbath, mereka harus mengambil dua kali lipat dari hari biasanya, karena di hari Sabbath mereka tidak boleh bekerja memungut manna itu. Dan semua itu selalu cukup untuk umat Israel memenuhi kebutuhan hidup mereka. Luar biasa bukan !!

Apa yang bisa kita pelajari dari kisah ini ?

1. Kita harus percaya bahwa hidup kita ada dalam pemeliharaan Tuhan. Tuhan akan selalu mencukupkan kebutuhan hidup kita. Oleh karena itu, buanglah segala rasa kuatir itu.

2. Mengajar kita untuk hidup dalam rasa cukup. Tidak perlu serakah dan berlebih.

3. Selalu hidup dalam pengucapan syukur untuk setiap berkat yang Tuhan beri bagi kita. ( ISI )

 

Doa


Bapa terima kasih untuk setiap berkat yang selalu Tuhan limpahkan bagi kami. Ajar supaya kami senantiasa mempercayakan hidup kami dalam pemeliharaan-Mu. Amin.