LULUS UJIAN

Mazmur 26:1-8


Ada banyak proses dalam kehidupan sehari-hari yang membutuhkan ujian. Misalnya, ujian sekolah, ujian kenaikan pangkat, ujian menyetir kendaraan, ujian olahraga, dan lain sebagainya. Ujian dilakukan untuk mengukur kemampuan seseorang, baik dalam keterampilan maupun pengetahuan. Orang yang lulus ujian dianggap memiliki tingkat kelayakan yang lebih tinggi atau memiliki legalitas melakukan sesuatu yang lebih besar. Untuk lulus ujian, tentu saja ada persiapan yang perlu dilakukan sesuai dengan bidang ujian yang dijalani.


Daud meminta Tuhan untuk menguji hatinya; menyelidiki batin dan hati Daud. Tentu saja, Daud meminta ujian kepada Tuhan bukan sembarangan berbicara, melainkan karena Daud mengenal dan menjaga dirinya dengan baik. Daud telah hidup dalam ketulusan, percaya kepada Tuhan, hidup dalam kebenaran, menjauhi orang yang jahat, beribadah dan memuji Tuhan. Karena itu, ia berani diuji oleh Tuhan untuk melihat apakah ia orang benar atau tidak. Daud mempersiapkan diri sebagai orang yang akan lulus ujian dari Tuhan.

Jika Tuhan menguji diri kita saat ini, apakah batin dan hati kita lulus ujian dari Tuhan? Lulus sebagai orang yang benar di hadapan Tuhan. Tentu itu yang kita harapkan, bukan? Namun, jika kita merasa belum bisa lulus, mari mempersiapkan diri kita dengan lebih baik. Yaitu, hidup dalam ketulusan, menjauhi kejahatan, dan percaya kepada Tuhan dengan segenap hati. (Wasiat)


Doa Mampukan kami, Bapa. Menjalani ujian kehidupan dengan kekuatan dari-Mu, Amin.