Untuk format audio klik disini


KEMBALI MENCARI

(Ulangan 4:21-40)


Beberapa orang memiliki kesulitan dalam menghafalkan jalan, atau rute menuju sebuah tempat. Saya pribadi termasuk yang mengalaminya. Setidaknya butuh 3-4 kali melewati rute tersebut, untuk saya bisa sampai di tujuan tanpa ragu dan kebingungan. Beberapa kali saya tersesat, bahkan ketika menggunakan GPS (Global Positioning System). Maka, sesuai dengan tema perenungan kita pada hari ini, kembali mencari mengungkapkan, bagaimana beberapa orang berjuang untuk sampai pada tempat tujuan. 

Kehidupan yang kita jalani pun ibarat perjalanan panjang, secara khusus, perjalanan iman yang kita tempuh hari demi hari. Mencari dan menemukan Tuhan merupakan upaya yang harus diperjuangkan. Bacaan Alkitab kita pada hari ini mengisahkan, bagaimana umat Israel berpaling dari Tuhan, dan membuat allah lain. Disebutkan di ayat.28 “Maka di sana kamu akan beribadah kepada allah, buatan tangan manusia, dari kayu dan batu, yang tidak dapat melihat, tidak dapat mendengar, tidak dapat makan dan tdak dapat mencium.” Setelah menyadari, bahwa mereka keliru barulah mereka mencari Tuhan kembali, ayat.29 “Dan baru di sana engkau mencari Tuhan, Allahmu, dan menemukan-Nya, asal engkau menanyakan Dia dengan segenap harimu dan dengan segenap jiwamu.” Dengan mencari, kita akan menemukan Tuhan, ayat.30 “Apabila engkau dalam keadaan terdesak dan segala hal ini menimpa engkau di kemudian hari, maka engkau akan kembali kepada Tuhan, Allahmu, dan mendengarkan suara-Nya”.

Perjalanan iman kita memang berliku dan penuh perjuangan. Hari ini kita kembali diingatkan untuk terus mencari dan menemukan Tuhan dalam kehidupan keseharian kita. Mencari kehendak-Nya, melalui keintiman relasi dengan-Nya. Mencari dan menggumulkan firman-Nya hari demi hari. Teruslah mencari Tuhan, dalam setiap detik kehidupan yang kita jalani. (CO)

 

DOA :
Tuhan yang baik, kami rindu mencari Engkau dan menemukan-Mu, dalam setiap hal yang kami kerjakan, Amin.