Untuk format audio klik di sini


BAGAIKAN EMBUN

Hosea 14:1-9


 Pernahkah saat bangun pagi Anda melihat bahwa tanaman tampak basah, padahal semalam tidak turun hujan? Itu adalah embun. Embun itu menempel di daun tanaman,

membuat tanaman tampak basah sehingga terlihat segar dan enak dipandang. Embun adalah uap air yang terbentuk akibat pengembunan uap air dari udara di sekitarnya. Selain bermanfaat untuk menyegarkan tanaman, embun juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Embun dapat menjadikan sel-sel tubuh lebih sehat dan membuang racun dari dalam tubuh.

Pada masa Hosea, bangsa Israel menduakan Tuhan; mereka tidak setia pada Tuhan. Hosea pun menyerukan agar bangsa Israel bertobat, maka Tuhan berjanji akan memulihkan bangsa Israel. Pemulihan yang akan Tuhan lakukan diungkapkan sebagai berikut, “Aku akan seperti embun bagi Israel, maka ia akan berbunga seperti bunga bakung.” Tuhan Allah akan menunjukkan kehadiran-Nya untuk mengasihi bangsa Israel, seperti embun yang selalu hadir di pagi hari dan menyegarkan.

Oleh karena embun kasih Allah itu, bangsa Israel akan seperti bunga bakung yang indah dan memesona; ia akan makin kuat bertumbuh sebagai bangsa kepunyaan Tuhan. Tidak selama-lamanya Tuhan menghukum dan murka.

Namun ada satu syaratnya, yaitu bertobat dari segala perbuatan dosa. Maka, pemulihan yang menyelamatkan akan terjadi dalam hidup umat-Nya. (Wasiat)

 

DOA:
Tuhan, kiranya Engkau juga menjadi embun bagi hidupku
yang menyegarkanku dari segala kepenatanku. Amin.