Saat ini sepertinya bukan hal aneh mendengar kabar hilangnya satu lini business, jadi bukan hanya hilangnya satu perusahaan saja tapi semua perusahaan yang bergerak di business itu. Kita bisa ambil contoh Wartel yang hilang digerus sama HP, Warnet yang hilang digerus sama Internet murah di Smart Phone, HP Nokia dan Ericson yang habis digerus sama Samsung, I Phone dan Android base smart phone lainnya, di sisi technology cellular sendiri kita penah dengar AMPS yang hilang juga CDMA dan GSM yang sdh diganti sama 4G dan sebentar lagi akan muncul 5 G dan GGG selanjutnya.

 

Business yang tidak ada hubungannya sama technology juga dilindas sama business berbasis technology kita bisa ambil contoh pertanian dengan technology saat ini maka tanah diolah tidak dengan pendekatan kebiasaan apalagi cuma perasaan, tetapi kualitas tanahnya dicek dulu di lab, ketinggian tanah, jumlah curah hujan dalam setahun dii akan menenentukan cocok buat menanam apa. Pupuk juga dihitung benar sesuai kemampuan tanah menerima unsur baru yang diperlukan tanaman untuk tumbuh dengan baik. Hama juga dikendalikan tidak hanya dengan pestisida tetapi juga dengan hama lain yang akan menjadi musuh alami mereka atau dilepas bakteri yang bisa membunuh hama tersebut tetapi tidak berbahaya buat manusia dan tanaman. Tanaman juga bisa diberi imunisasi atau vaksin untuk mempertahankan diri dari penyakit dan Perlakuan khusus lainnya sehingga hasil panen sebetulnya bisa diprediksi dari awal. Cara bertani baru ini bener bener sangat berbasis ilmu dan semua menjadi lebih pasti. Hal ini membuat petani yang masih berfikir dan mengerjakan lahannya secara traditional secara perlahan lahan tersisih dan tidak bisa bersaing.

 

Business midle man atau pedagang sudah juga disapu bersih sama keberadaan E Commerce dan seolah tidak ada tempat lagi buat midle man karena pembeli/customer sekarang bisa dengan mudah terhubung ke produsen. Banyak sekali ecommerce site yang mengumpulkan penjual dan pembeli sehingga harga betul betul sangat bersaing dan tidak memebri ruang buat midle man mengambil posisi.

 

Transportasi konvensional habis diacak acak sama online portal transportasi yang menyebut dirinya sebagai penyedia aplikasi transportasi. Taxi, Mikrolet, Kopaja dll semua habis tak berdaya menandingi pemain baru yang datang dengan menawarkan kemudahan buat customer memesan dari smart phone mereka tanpa perlu jalan kemana mana

 

Semua lini business terpengaruh dan tidak meninggalkan ruang sedikitpun untuk business konvensional bertahan tanpa mau peduli dengan sentuhan technology. Gerombolan pengangguran muncul dimana mana dan di sisi lain muncul peluang kerja dan business di bidang baru yang perlu pemikiran baru, orang baru, ilmu baru dan semua yg serba baru. Cara business atau saya lebih suka mengatakan cara orang hidup di jaman sekarang benar benar berubah. Ini kita belum bicara Big Data, Block Chain, E Money dengan Digital Currencynya dll yang lebih membuat cara kita hidup dan berbusiness berubah lagi.

 

Kalau kita melihat cara anak kita bergaul, belajar, bermain atau cara mereka menjalani hidup maka kita akan melihat seolah olah ada alien di rumah kita, Cara mereka menonton TV beda dengan kita, program siaran TV yang disiarkan secara umum tidak menarik buat mereka. Youtube yang menawarkan aneka rupa video lebih menarik buat mereka. Menonton film buat mereka juga beda dengan kita menonton film, permainana karakter kalah dengan permainan technolgy lengkap dengan kamera 360 0 nya dan 3 D atau 4D filmnya. Film adalah experience buat mereka dan bukan sekedar permainan watak belaka. Mendengar musik juga beda dengan kita dimana  musih tekno semakin mewabah dan bit seolah menjadi lebih penting dari nada. Pertemanan anak anak kita juga jauh melampaui batas negara dan kukungan perbedaan bahasa. Mereka adalah manusia manusia baru warga dunia yang satu dan tidak lagi terkotak kotak dalam pemikiran seperti kita.

 

Dunia kita memang sedang berubah dan terus berubah dengan lebih cepat dan saya pribadi tidak bisa prediksi sampai berapa lama lagi mobil berbahan bakar Fosil (Bensin. Solar dan sejenisnya) akan bertahan. Mobil listrik secara teori sudah bisa jalan lebih dari 600 km dan itu artinya lebih jauh dari mobil bensin saya dalam kondisi diisi penuh tangkynya. Mobil terbang atau manusia terbang juga bukan lagi teori tapi sudah banyak yang membuat. Sepeda listrik, scooter listrik atau segway juga cukup populer dan mungkin bisa jadi kombinasi angkutan yang mudah dan murah buat kebanyakan orang berpindah dari satu lokasi ke lokasi lainnya dengan kombinasinya bersama angkutan masal seperti LRT, MRT atau Bussway.

 

Traveling menjadi kegemaran kaum milenial dimana seolah menjelajahi dunia menjadi kegemaran bahkan naik gunung yang dulu dianggap membuat repot dan kerjaan orang pengangguran sekarang jadi kegemaran para eksekutif. Tidak ada tempat yang sepi kalau tempat itu indah bahkan di kutub sekalipun. Bisa kebayang kita naik bromo dan berjumpa ribuan orang di jam 4 pagi yang dingin hanya untuk melihat matahari terbit. Atau ke ijen, papandayan, semeru, rinjani dll yang naik gunungnya lebih sulit di atasnya  kita akan bertemu banyak orang yang tujuannya sama. Wisata pantai, menyelam, ke pulau pulau dengan taman laut yang indah tidak pernah kekurangan peminat. Manusia sekarang tidak mau terbelenggu dengan pekerjaan saja selama dia hidup dan jalan jalan seolah menjadi kebutuhan primer.

 

Makan makan juga seolah menjadi kegemaran baru. Mall yang sepi ditinggal pembeli barang sekarang berubah manjadi kumpulan restauran dan menjadi tempat wisata kuliner yang menyenangkan. Setiap perjalanan ke daerah seolah tidak lengkap tanpa mencoba makanan khas daerah itu. Makanan atau kuliner menjadi business yang berkembang sangat cepat dan tidak bisa digantikan technology walau resep bisa distrandarisasi, bumbu bumbu bisa dibuat baku tetapi koki handal selalu bisa membuat makanan baru dan setiap hari yang baru selalu ada dan membuat lidah penasaran mencobanya. Apalagi dengan keberadaan angkutan online yang salah satu servicenya mengantar makanan maka semakin mudah buat kita mencoba makanan apa saja yang kita inginkan. Wow wow wow indah dan enaknya hidup di dunia saat ini.

 

Dampak dari kesukaan manusia dengan perjalanan saat ini adalah kepemilikkan rumah atau asset menjadi less important. Anak anak muda lebih suka tinggal di apartemen yang simple atau rumah yang kecil dan tidak merepotkan. Mereka akan lebih banyak menghabiskan waktu di tempat kerja atau hiburan dan di rumah hanya untuk istirahat saja. Business property sepertinya harus menyesuaikan diri dan saat ini bukan hal aneh melihat apartemen berada di atas pusat perbelanjaan.

 

Dunia memang sedang berubah dan kita sebagai penghuninya harus siap menghadapi perubahan ini dan kesehatan adalah bagian penting untuk menikmati semua perubahand an melaluinya dengan sukacita. Olahraga adalah kegiatan yang tidak bisa digantikan dengan technology walau sekarang ada sepeda statis, lari statis atau mesin yang bisa menggetarkan kaki, tangan dan diklaim bisa menggantikan olahraga....buat saya olahraga adalah key dan ini yang harus kita lakukan dengan setia setiap hari supaya kita bisa menikmati dunia yang semakin cepat berputarnya dan semakin mudah dikunjungi ujung ujungnya.

 

Bagaimana dengan iman pada ALALH sang pencipta ? aku melihat manusia modern ditengah kemajuan cara berfikirnya mereka menemukan keterbatasannya. Mereka makin sadar umur ada batasnya dan tidak bisa mereka melawan dengan apapun kemampuan yang mereka miliki. Kerinduan bertemu dan mengenalk Tuhan selagi hidup semakin besar di dunia ini. Ini bisa dilihat dengan semakin penuhnya rumah rumah ibadah dari agama apapun juga. Bagaimana dengan fenomena turunnya minat beragama dari penduduk Eropa dan Amerika  Serikat ? aku rasa klaim  ini juga tidak sepenuhnya benar. Kita tentu pernah dengar fenomena Toronto Blessing dan tumbuhnya gairah beragama dari anak anak muda di kota kota besar di dunia. Beny Hinn, Alm Billy Graham, Reihnard Bonke dll tetap punya tempat dan nama besar di kalangan beragama di kota kota besar itu. Memang ada perbedaan mendasar dimana cara orang hidup lebih dilihat daripada cara mereka bicara semata. Kita bisa lihat fenomena Paul Yongi Cho di Korea yang ditinggal pengikutnya dan bahkan samp[ai dipenjara karena cara hidupnya yang kurang benar walau cara dia berkotbah sangat luar biasa. Manusia kebanyakan dengan kemajuan technology bisa melihat jejak digital kelakuan para pemuka agama dan oleh karenanya cara mereka hidup menjadi penting. Mereka boleh menguasai semua isi kitab suci dan bsia menerangkan dengan jelas tetapi kalau cara mereka hidup, komitment mereka akan pelayanan kecil yang menjadi tanggung jawab mereka rendah maka jangan harap mereka akan mendapat tempat dihati jemaatnya. Memang tdk bisa dipungkiri masih banyak orang yang gagap dan tidak well inform dengan kelakuan beberapa pemuka agama dan masih menjadi pembelanya dengan membabi buta, tetapi tidak lama lagi dengan kemudahan mengakses informasi maka akan semakin susah buat orang tidak konsisten.

 

Apakah saya menutup mata terhadap maraknya kekerasan atas nama agama yang marak akhir akhir ini ? tentu saya melihat juga dan merasakan tetapi jumlah mereka ini sebetulnya sedikit tetapi hanya karena militansi maka seolah mereka mayoritas. Saya percaya setelah semua tersistem dengan baik yang teriak teriak klaim didukung banyak orang ini akan hilang dengan sendirinya karena survey survey mudah dilakukan berapa besar sich yang setuju sama ide KEKERASAN di saat ini ??? dunia terdorong menjadi lebih humanis dan ramah bahkan terhadap yang lemah (anak dan wanita). Kalau kita menentang arus utama ini maka kiat sedang melawan takdir dan pasti akan ditinggalkan penduduk yang cinta damai dan pasti akan memilih pergi ke negara lain yang lebih bisa menjanjikan keamanan. Lihat saja migrasi besar besarakan kaum terpelajar dari banyak negara ke negara yang lebih Humanis.

 

Bagaimana dengan arus manusia yang semakin tidak bertuhan ? saya juga melihat fenomena ini tetapi arus ini mungkin lebih dipengaruhi sama kenyatan manusia semakin mau instant dan lebih mandiri. Mereka bukan tidak percaya Tuhan tetapi memilih melakukan semua firman yang menurut mereka perintah TUHAN tetapi ritual agama yang mereka malas ikuti karena melihat contoh pemimpin agama yang semakin jauh kelakukannya sama yang dia ajarkan. Saya pernah kerja di multinasional company dan teman teman dari negara negara lain itu sedikit yang taat melakukan ritual agamanya karena alasan tadi “MEREKA TIDAK MELIHAT TELADAN”. Tetapi bukan berarti mereka tidak percaya TUHAN. Mereka merasa sudah melakukan perintah TUHAN lebih baik dari yang dilakukan pemimpin agama yang mereka lihat . TUGAS dan PR besar para pemimpin agama jaman now. Ingat semua kelakukan kita di tempat tersembunyi sekalipun di saat ERA DIGITAL ini seolah ada dibawah kamera TV yang bisa dilihat banyak orang, so jaga kelakukanmu.

 

Berita Hoax yang marak dan terbukti sudah bisa membuat sampai negara sebesar Amerika termakan issue kabar bohong adalah mush yang tidak lama lagi akan hilang dengan sendirinya. Big data akan menjadi sesuatu yang umum dan semua berita akan terintegrasi dalam  satu big data system sehingga tidak mungkin orang bisa membuat berita yang dipercaya jika tidak didukung oleh  jejak digital dari orang atau daerah atau sumber yang dibertitakan. Tidak mungkin orang diberitakan suka bekerja keras jika track recordnya hanya bisa bicara saja tanpa ada sucsess story yang pernah dibuat. Di sisi lain pemerintah di seluruh dunia sudah sangat serius memerangi Hoax news karena memang bahayanya kalau ada sejuta orang posting berita bohong yang sama walau jejak digitak di masa lalu tidak mendukung, tetapi bisa dianggap benar karena tanpa sengaja terbaca secara terus menerus. Syukur semua pemerintah saat ini serius memerangi hoax news. Saat ini tinggal tugas kita melakukan pengecekan kebenaran berita yang disiarkan dan jika terbukti satu stasiun TV atau media surat kabar off line atau online menjadi pembuat berita Hoax tinggalkan saja dan tidak usah dibaca lagi karena saat ini citizen journalism sudah sangat banyak dan mudah akses informasi langsung dari sumbernya.

 

Selamat menikmati dunia baru yang saya yakin akan berubah semakin cepat dan membuat manusia hidup semakin mudah (tidak perlu cape jalan dan mengeluarkan tenaga), sehingga ayoo kita sama sama jaga tubuh kita tetap bergerak supaya tetap sehat. Kesehatan bukan sesuatu yang bisa kita download tetapi harus kita usahakan dengan berkeringat. Jalan jalan ke tempat baru dan indah akan lebih enak kalau kita jalani dengan tubuh yang sehat. Terus belajar dan nimaktin proses belajarnya karena tanpa belajar kita akan ditinggalkan oleh dunia yang sedang berubah ini.

 

SELAMAT MEMASUKI DIGITAL ERA SAHABAT SAHABATKU.