Tema hari  Minggu ini di gerejaku menerangkan sesuatu yang sungguh menggelitik kita semua….Pertobatan tidak hanya berhenti pada jaminan keselamatan tetapi pada satu renungan akan sudahkah kita berbuat Adil dan Benar sebagai buahnya ? Perbuatan atau keteladanan yang saat ini sudah benar-benar menjadi barang langka dan dosa seolah menjadi hal biasa di negara ini. Buktinya Negara ini termasuk top 10 negara terkorup di dunia, salah satu Negara dengan tingkat perceraian tertinggi (sdh 10% dari angka pernikahan resmi, mungkin % akan lebih tinggi jika digabung dengan pernikahan tdk resmi), Salah satu Negara dengan pria pemakai jasa PSK terbesar (sdh mendekati 7 juta) dll dll

Ada satu masalah besar yang minggu ini sedang HOT di Negara ini yaitu pembagian kondom dalam rangka hari AIDS. Banyak tokoh agama yg menentang karena menurut mereka ini sama dengan kampanye seks bebas. Sementara di sisi lain pemerintah cukup pusing melihat angka penderita AIDS dan HIV yang terus berlipat dua setiap tahunnya. Harus ada langkah extreme dan kampanye masal yang dibuat untuk menyadarkan semua masyarakat akan bahaya ini. Jika kita tdk ingin orang dekat kita terkena penyakit yang mematikan ini. KITA BERSAMA HARUS PEDULI karena kasus AIDS dan HIV yang saya yakin TUHAN datangkan untuk ingatkan kita akan dosa kita semua, saat ini penderitanya 53% adalah Ibu Rumah Tangga yang tdk tahu apa-apa dan cuma menjadi korban suaminya yang hidup semaunya.

 

Masalah memang tdk pernah datang sendiri tapi dalam rangkaian komplek yang saling mempengaruhi. Karena kegagalan pemimpin Agama, pemimpin Negara dan juga pemimpin rumah tangga menjadi teladan dan kebanyakan cuma bisa bicara saja maka, Negara ini menjadi Negara yang angka dosa tercatat dan terukurnya (parameter di atas) salah satu tertinggi di dunia. Kegagalan kita semua sebagai jemaat  TUHAN untuk berani berbuat BENAR DAN ADIL dalam kehidupan keseharian  sebagai buah PERTOBATAN kita , membuat Negara  semakin gelap dan seolah tanpa harapan.

 

Sekarang  menjelang NATAL adalah waktunya yang tepat  untuk kita benar bertobat . Panitia Natal di banyak Gereja biasanya sudah buatkan banyak hal kecil yang bisa diperbuat bersama sebagai bagian acara perayaan Natal. Hal kecil yang membuat hidup kita sehari-hari lebih bisa dilihat orang sebagai teladan dan kitab suci yang terbuka bagi dunia, buat teman kita dan juga terutama buat anak istri suami orang tua (keluarga) kita. Saat ini sudah bukan masanya lagi kita bicara banyak tanpa melakukan apa-apa atau malah dengan sadar kita memilih untuk tidak menjadi teladan dan hidup asal-asalan saja. Hidup Cuma sekali dan sesudah itu mati, maka sangat sayang kalau kita sia-siakan begitu saja dengan alasan apapun apalagi dengan alasan semua manusia/teman sebangsa juga melakukan.

 

 

Angka Korupsi boleh saja Negara kita termasuk yg terbesar, angka perceraian boleh saja Negara kita juga salah satu yang terbesar, angka pelaku seks bebas boleh saja Negara kita juga termasuk yg terbesar, belum lagi angka kekerasan dalam rumah tangga, angka kecelakaan di jalan yg melibatkan anak dibawah umur, angka perokok pemula yg melibatkan anak-anak dll dll….TAPI SEMUA ANGKA ITU BUKAN PEMBENARAN UNTUK KITA BERBUAT DOSA…..saatnya kita hidup dengan lebih bertanggungjawab… TUBUH KITA BAIT ALLAH yang harus kita jaga….KELAKUAN KITA SEHARI HARI adalah uraian kata-kata kitab suci yang dibaca sesama kita… SUDAHKAH KITA BERSAMA : BERBUAT ADIL dan BENAR sebagai BUAH PERTOBATAN….  TUHAN YESUS MEMBERKATI